JARINGAN KOMPUTER

 JARINGAN KOMPUTER


Jaringan komputer adalah hubungan dua buah device ataupun lebih yang digunakan untuk berkomunikasi diantara device tersebut. Untuk membangun sebuah jaringan komputer, untuk berkomunikasi antar jaringan diperlukan sebuah media Transmisi baik menggunakan Kabel maupun menggunakan Wireless


Komponen Pembentuk Jaringan

Sebuah jaringan tentunya memiliki beberapa komponen dalam pembentukannya antara lain yaitu :

1. End Device

End devices pada jaringan merupakan perangkat yang cukup populer dalam dunia jaringan. Perangkat ini memberi bentuk bagi antar muka interface antara pengguna dengan jaringan komunikasi dasar. Contoh dari perangkat end devices adalah Server, Komputer, Laptop, Handphone, dan Tablet.

2. Perantara Perangkat Jaringan (Intermediary Device)


 

Intermediary Devices adalah Router, Switch, Multilayer Switch, dan Firewall Appliance. Perangkat ini berfungsi untuk menghubungkan antar end devices. Contohnya router yang merupakan sebuah alat untuk mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing.

3. Media Transmisi


 

Media Transmisi merupakan media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi (data), karena jarak yang jauh, maka data terlebih dahulu diubah menjadi kode/isyarat, dan isyarat inilah yang akan dimanipulasi dengan berbagai macam cara untuk diubah kembali menjadi data.

 

Jenis Jenis Jaringan Komputer

1. PAN




Personal Area Network (PAN) adalah jaringan komunikasi satu perangkat dengan lainnya dalam jarak sangat dekat, hanya dalam beberapa meter saja. PAN merupakan titik akses ke berbagai perangkat pribadi seperti laptop, komputer, telpon, ponsel, dll.

2. LAN

 

Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur.Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer.

3. MAN

 

Metropolitan Area Network atau MAN, merupakan Jenis Jaringan Komputer yang lebih luas dan lebih canggih dari Jenis Jaringan Komputer LAN. Disebut Metropolitan Area Network karena Jenis Jaringan Komputer MAN ini biasa digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari suatu kota ke kota lainnya. 

4. WAN



Wide Area Network atau WAN, merupakan Jenis Jaringan Komputer yang lebih luas dan lebih canggih daripada Jenis Jaringan Komputer LAN dan MAN. Teknologi jaringanWAN biasa digunakan untuk menghubungkan suatu jaringan dengan negara lain atau dari satu benua ke benua yang lainnya.

Comments

Popular posts from this blog

Customer Relationship Management (CRM)

Perangkat Jaringan Komputer